6 Hal yang Harus Anda Ketahui tentang Strategi Komunikasi

Apa sih yang dimaksud dengan komunikasi efektif? Komunikasi efektif adalah proses pertukaran informasi ataupun ide, baik itu secara lisan, tulisan, ataupun non verbal sehingga terjadi persamaan informasi dan pemahaman antara pengirim dan penerima pesan. Merencanakan strategi komunikasi itu sangat penting lho bagi bisnis Anda, sebab komunikasi yang efektif membuat konsumen memiliki kepercayaan terhadap brand Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangan saat membuat strategi komunikasi untuk brand Anda. Langsung dipraktekkan nantinya juga boleh.

1. Tujuan Komunikasi

Biasanya sih tujuan komunikasi dibagi menjadi tiga macam, yaitu memberikan informasi atau pemahaman sehingga orang-orang menjadi sadar dan awas akan brand Anda, kemudian melakukan persuasi alias membujuk orang untuk berubah dari satu perilaku ke perilaku lain, dan yang terakhir adalah melakukan klarifikasi terhadap suatu isu.

2. Key Message atau Pesan Inti

Membuat key message itu susah-susah gampang lho, sebab key message harus mudah dipahami dan diterjemahkan menjadi berbagai bentuk informasi tergantung dari media yang digunakan.

3. Kanal Informasi

Anda juga harus pintar-pintar memilih kanal penyebaran informasi untuk produk atau brand Anda. Tidak semua kanal informasi bisa digunakan lho. Ada kalanya brand-brand tertentu lebih cocok menggunakan kanal media mainstream, dan ada juga yang lebih cocok menggunakan sosial media saja. Semua itu kembali lagi tergantung pada tujuan dan target komunikasi itu sendiri.

4. Konten yang Informatif

Sudah menjadi rahasia umum bahwa konten yang bagus adalah raja dalam penyebaran informasi Anda kepada publik. Pembuatan konten juga harus direncanakan dengan matang, tidak bisa sembarangan. Konten tentunya juga harus menyesuaikan dengan target audience, kanal informasi yang dipilih, dan tentu saja memuat data dan fakta.

5. Timing alias Waktu Penyebaran

Ini juga sangat krusial dalam pembuatan strategi komunikasi, sebab waktu yang tepat dapat memperluas jangkauan target audience Anda. Melakukan launching atau menggelar event di saat yang tepat juga dapat mendongkrak penjualan Anda. Tidak lucu kan apabila Anda launching koleksi busana musim dingin saat musim panas masih berlangsung, yang ada penjualan Anda jadinya malah terjun bebas.

Anda yang menggunakan sosial media untuk kampanye produk dan kegiatan tentunya sangat terbantu dengan adanya berbagai analytic tools terkait waktu. Bahkan beberapa alat analitik di sosial media juga sudah menyertakan waktu yang tepat untuk posting informasi dari akun Anda.

 6. Influencer atau Brand Ambassador

Sudah jadi rahasia umum apabila pesan atau hal-hal yang ingin dikampanyekan oleh produk Anda ini lebih didengar apabila disuarakan oleh orang terkenal atau memiliki jabatan yang penting. Oleh karena itu, carilah influencer atau brand ambassador yang benar-benar memahami visi dan misi perusahaan Anda, serta terikat secara hati dengan produk atau kegiatan yang hendak Anda kampanyekan. Orang-orang bisa melihat kok mana yang benar-benar tulus bekerja dengan hatinya.

Itu dia beberapa hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan saat menyusun strategi komunikasi. Anda juga bisa menghubungi kami Cindaga Comms Consultant untuk membantu Anda mengembangkan strategi komunikasi yang handal dan konten yang paling pas untuk produk, brand, ataupun kampanye Anda.

Anda bisa menghubungi kami via E-mail, laman Sosial Media, dan layanan chat WhatsApp di https://bit.ly/2I3QwPO. Cindaga Comms adalah solusi komunikasi digital yang efektif bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *